"sebaik-baik kita adalah yang paling bagus ahlaknya dan yang paling bermanfaat kepada manusia dan alam semesta"

Akhlak dan kepribadian Da'i

Bismillahirrahmanirrahim.
Catatan ini adalah resume dari materi yg disampaikan ust. Wijdan al Arifin dalam kegiatan PMDM PWM DIY Periode ke-3.
Bagi setiap mujahid dakwah, setidaknya memiliki kepribadian khusus yg harus selalu tersematkan dalam setiap tutur dan perilaku da'i dalam kesehari-hariannya. Agar tujuan dakwah bisa lebih maksimal. Kepribadian inilah yg dulu dicontohkan Rasulullah dalam misi dakwahnya.
Kepribadian da'i yg dimaksud setidaknya meliputi 7 hal, yaitu :
1. Dari segi Aqidah
Seorang da'i bertugas mengajak orang untuk mengamalkan ajaran Islam. Oleh karena itu pribadi da'i harus meimiliki pemahan dan keyakinan yg utuh mengenai kebenaran Islam. Sikap, perilaku dan ucapan harus selaras dengan ajaran Islam dan disertai keteguhan iman yg mantap.
2. Dari segi Ibadah
Segenap bentuk ibadah da'i disesuaikan dengan tuntunan Allah dan Rasul-Nya. Terhindar dari bid'ah dan khurofat. Dikerjakan dengan kualitas yg prima dan kuantitas yg memadai. Artinya tidak hanya ibadah fardhu yg dikerjakan, namun juga ibadah2 sunnah.
3. Dari segi Akhlak
Da'i wajib dalam kehidupannya berakhlak al-karimah. Jiwa, sikap dan perilaku harus bisa mempesona dan menjadi contoh. Bagaimanapun seorang da'i merupakan potret Islami bagi masyarakat. Termasuk perlu diperhatikan agar senantiasa istiqamah dalam berakhlak baik, kapanpun dan dimanapun berada harus tertanam dalam diri bahwa "profil kita adalah da'i".
4. Dari segi Ilmu
Para da'i harus mempunyai wawasan dan kemampuan ilmiyah yg luas dan mendalam, terutama yg menyangkut materi dan metode dakwah serta ilmu penunjang lainnya untuk kesuksesan dakwah. Seyogyanya bisa menempatkan dirinya sebagai ahlu ad-dzikr.
5. Dari segi Jasmani
Para da'i pun harus memperhatikan kondisi fisik dan psikis agar selalu sehat dan bugar. Termasuk kebersihan diri, penampilan dll. Hal ini sangat menunjang jalannya proses dakwah.
6. Dari segi Retorika
Da'i harus fasih dan lancar dalam berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Da'i harus banyak2 mempergunakan bahasa dan kata2 untuk menyampaikan pesannya yg seirama dengan aturan logika yg mudah diterima akal lagi menyentuh hati.
7. Dari segi Semangat
Mujahadah, da'i harus memilikinya. Semangat berdedikasi tinggi dalam berjuang di jalan Allah. Tidak mudah menyerah dan selalu mengedepankan sikap optimis dan sabar.
Itulah 7 kriteria minimal yg setidaknya dimiliki oleh para da'i. Lebih sempurna lagi apabila bisa benar2 mencontoh semua akhlak Rasulullah seperti yg tergambarkan dalam al-quran dan sunnah.
InsyaAllah misi dakwah lebih mudah diterima umat tatkala da'i mengedepankan akhlak dan etikanya dalam proses dakwah. Apa yg disampaikan disetiap pesan2 dakwahnya selaras dengan perilaku. Mudah2an kita bisa selalu istiqamah dijalan yg benar. Amin.
Dalil al-qur'an : 
al-Baqarah : 258, al-Fusilat : 30, al-Qalam : 4, al-Mujadilah : 11, al-Baqarah : 247, al-Qasas : 34, al-Ankabut : 69.




@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Akhlak dan kepribadian Da'i